Tanya Jawab

Apa benar izin Tenaga Kerja Asing (TKA) dipermudah?

omnibus TKA

Tanya:

Apa benar izin Tenaga Kerja Asing (TKA) dipermudah?

Isu yang berhembus:

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan enam alasan buruh menolak Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Salah satunya ialah omnibus law dinilai akan membuat TKA menjadi mudah bekerja di dalam negeri. Seharusnya, kata Said Iqbal, TKA di Indonesia hanya untuk saling berbagi pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan pekerja lokal.

“Tapi dalam Omnibus Law tersirat bahwa semua jenis pekerjaan dan pekerja buruh kasar kita sebutnya itu boleh. Ini mengancam masa depan tenaga kerja lokal di mana negara tidak bisa melindunginya,” Said Iqbal berkata.

Sumber: Detik

Jawab:

Tidak benar

Klarifikasi Isu:

Yang dipermudah bukan TKA buruh yang berjumlah banyak, tapi TKA yang jumlahnya sangat terbatas. Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, kemudahan yang diberikan untuk TKA bukan untuk selevel buruh, melainkan ahli atau expertis. Dalam BAB IV RUU Cipta Kerja, disebutkan bahwa perizinan TKA (Ahli) untuk keadaan darurat, vokasi, start-up, kunjungan bisnis dan penelitian untuk jangka waktu tertentu.

Kemudahan akan berdasarkan durasi izin yang tertera dalam visa. Itu artinya, jika durasi waktunya satu tahun, maka izinnya juga akan satu tahun.

“Tenaga ahli ini untuk tenaga maintenance dan yang lain di mana perizinannya dipermudah. Artinya kalau orang mendapatkan izin basisnya adalah visa, artinya kalau visanya 6 bulan ya dia bisa melakukan maintenance dan yang lain sesuai dengan visa,” jelas dia.

Perizinan TKA melalui Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dinilai mempersulit perusahaan yang membutuhkan tenaga para ekspatriat. Di sisi lain, banyak orang-orang asing yang menilai perizinan itu mempersulit kegiatan bisnisnya.

Selengkapnya di IDNTimes

Ajakan:

Kepada masyarakat terutama tenaga kerja, alangkah baiknya bila menyempatkan diri untuk membaca RUU Cipta Kerja, yang mana naskahnya sekaligus bisa didapatkan pada halaman Download RUU Cipta Kerja.

Lengkapi pula pengetahuan dengan membaca Naskah Akademik RUU Cipta Kerja agar kita tidak terpeleset kepada info yang tidak jelas. Pemerintah sedang berupaya memberikan jaminan yang lebih baik kepada masyarakat terutama buruh.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tanya Jawab