Tanya Jawab

Isu Soal Pesangon Akan Dihilangkan

Omnibus PHK

Tanya:

Apa benar pesangon PHK dihilangkan?

Isu yang berhembus:

Said Iqbal, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ( KSPI) mengatakan bahwa pesangon hilang karena UU Cipta Kerja membolehkan outsourcing dan karyawan kontrak bebas sehingga mereka tak perlu pesangon. Namun, kata dia, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah menyebutkan ada uang pemanis selama lima bulan. Menurut KSPI, buruh tak membutuhkan itu. Para pekerja membutuhkan kepastian kerja dan jaminan sosial. “Dalam RUU Cipta Kerja, penggantian hak hilang. Penghargaan masa kerja dikurangi. Karena ada istilah upah per jam, pasti tidak dapat pesangon karena pesangon diberikan satu kesatuan hasil,” kata dia.

Selengkapnya di sini

Jawab:

Tidak benar

Klarifikasi Isu:

Pesangon bagi pekerja yang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tetap ada.Pemerintah memastikan akan melindungi para pekerja dari risiko PHK atau berakhirnya kontrak dalam ketentuan draf RUU omnibus law cipta lapangan kerja. Pemerintah menggunakan istilah ‘kompensasi’ bukan istilah pesangon seperti yang menjadi ketentuan dalam UU No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

“Prinsipnya, PHK tetap dikasi perlindungan ke pekerja ter-PHK. Tetap dapat kompensasi, ada JKP atau jaminan kehilangan pekerjaan. Ini untk lindungi pekerja yang kena PHK,” kata Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono. JKP tidak akan hapus jaminan lainnya. JKP adalah tambahan manfaat pada Jamsostek untuk pekerja tetap dan pekerja kontrak.

Berikut prinsip Omnibus Law Cipta Kerja setidaknya ada hal pokok soal PHK.

• Tetap memberikan perlindungan bagi pekerja yang terkena PHK

• Pekerja yang terkena PHK tetap mendapatkan kompensasi PHK

Sumber: CNBC Indonesia

Ajakan:

Kepada masyarakat terutama tenaga kerja, alangkah baiknya bila menyempatkan diri untuk membaca RUU Cipta Kerja, yang mana naskahnya sekaligus bisa didapatkan pada halaman Download RUU Cipta Kerja.

Lengkapi pula pengetahuan dengan membaca Naskah Akademik RUU Cipta Kerja agar kita tidak terpeleset kepada info yang tidak jelas. Pemerintah sedang berupaya memberikan jaminan yang lebih baik kepada masyarakat terutama buruh.

Pesangon Tidak Dihilangkan

You may also like

2 Comments

  1. Berapa besaran hitungan kompensasi yang akan diterima oleh pekerja?mohon penjelasannya

  2. Besaran kompensasi akan dipengaruhi beberapa hal:
    1. Nilai Upah di daerah tempat pekerja bekerja.
    2. Lama bekerja.
    3. Minimal 17 kali upah.

    Semoga menjawab, terima kasih

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tanya Jawab