Berita

Jadi Solusi Perekonomian, ISED Harap Omnibus Law Berumur Panjang

Founder Institute for Social, Economic, and Digital (ISED), Sri Adiningsih berharap Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dapat menjawab masalah, ancaman dan tantangan serta mengantisipasi berbagai perkembangan demi mencapai  tujuan dalam jangka panjang.

“Omnibus Law ini diharapkan benar-benar dapat mengatasi masalah, ancaman, tantangan dan perubahan yang terjadi pada perekonomian yang terjadi saat ini ataupun antisipasi terhadap berbagai perkembangan yang mungkin akan terjadi akan datang,” ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dia juga berharap RUU Omnibus Law ini dapat berumur panjang sehingga dapat mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dan makmur.

“Namanya undang-undang itu kan diharapkan tidak berumur hanya 1, 2, 3 tahun saja tapi 10, 20, 30 tahun apalagi tujuannya adalah dalam rangka transformasi Indonesia menuju negara maju, makmur kemudian produktif efisien dan nomor lima terbesar di dunia. Jadi memang transformasi besar-besaran yang kita lakukan,” kata dia.

Oleh karena itu, Sri Adiningsih menegaskan bahwa penyusunan RUU Omnibus Law yang saat ini dilakukan oleh DPR haruslah komprehensif.

Selain itu, kata Sri Adiningsih, penyusunan peraturan yang berperspektif jangka panjang (UU) mesti mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi dan akan terjadi di masa mendatang.

“Karena kita tahu bahwa digitalisasi disrupsi, automasisasi dan lahirnya generasi yang digital ini sudah terjadi dan akan semakin meningkat, semakin juga berubah dengan cepat pada masa yang akan datang,” lanjut Sri.

“Bahkan ada suatu riset yang mengatakan ekonomi digital Indonesia value-nya dalam 10 tahun ini karena per tahunnya tumbuh 30,2 persen, itu bisa mencapai di atas 50 persen dari PDB kita, oleh karena itulah tidak bisa kehadirannya perkembangannya itu diabaikan,” pungkasnya.

Sumber : Jitunews.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita