Seputar RUU

RUU Cipta Kerja Mudahkan Investasi

Ilustrasi Onimbus Law

Pemerintah mengusulkan kehadiran RUU Cipta Kerja. Salah satu tujuan RUU Cipta Kerja untuk meningkatkan ekosistem invetasi. Bahkan, porsi substansi terkait kemudahan berusaha, investasi dan UMKM ini mencapai 84,5 persen.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menyebut, salah satu investasi yang ditekankan dalam RUU Cipta Kerja ini yaitu industri berbasis mesin. Selain itu, sebagai penyeimbang, pemerintah juga akan memasukkan investor berskala menengah dan individu.

“Tidak hanya penanam modal besar, kita juga ingin yang menengah dan individual,” kata Airlangga.

RUU Cipta Kerja juga mengedepankan persoalan riset dan inovasi. Untuk hal ini, pemerintah menugaskan swasta dan BUMN menggelar penelitian.

Jika hasil penelitian tersebut dapat dikomersialkan, maka peneliti tersebut akan diberikan insentif dari pemerintah.

Kemudahan lain yang ditawarkan dalam iklim investasi di RUU Cipta Kerja ini juga tertuang dari pembuatan izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Dalam RUU Cipta Kerja diatur bahwa bagi usaha dengan resiko rendah cukup dengan menyatakan persetujuan akan memenuhi persyaratan.

“Khusus untuk kawasan industri yang kawasan industrinya sudah punya AMDAL dan izin industri yang dibangun sudah sesuai dengan peruntukkan kawasan industri tersebut,” ucap dia.

Sumber

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Seputar RUU